MASIGNCLEAN101

Ice breaking Melatih kekompakan grup "Cerita Samson"

Melatih Kekompakan kelompok dengan "Cerita Samson"

  • Tujuan : Melatih Kekompakan grup atau kelompok
  • Jumlah peserta : 2 Siswa atau lebih
  • Tahapannya adalah seperti berikut ini 
  1. Jika siswa berjumlah lebih dari 2 orang maka guru terlebih dahulu membagi siswa menjadi 2 grup
  2. dengan penuh ekspresif guru menceritakan sebuuah kisah antara Samson, Julaiha dan seekor singa
Begini ceritannya :

Pada suatu hari, ditengah hutan yang begitu lebat terdengar keras sekali suara jeritan. Jeritan itu adalah jeritan julaiha, gadis desa yang sangat cantik dan lurus rambutnya. Dia berlari kencang karena ketakutan. Sesekali, dia menoleh ke belakang karena ternyata dia sedang dikejar oleh seekor singa yang sangat buas. Tanpa disadari, rupanya julaiha salah mengambil jalan. Kini, dia terpojok. Di depannya sudah tidak ada lagi jalan untuk melarikan diri dari kejaran singa yang akan memakannya. Saat itulah julaiha patah harapan, hanya duduk, menutup kedua matannya, menunduk dan menghadapkan wajah ke tanah dan pasrah dalam ketakutan. Singa pun muncul, tersenyum lebar dan berlari kencang sudah tidak sabar lagi memakan julaiha. Namun tiba-tiba " BRUUUUUUK". Suara keras terdengar, julaiha masih dalam ketakutan terkejut mendengan suara benturan itu. Kemudian Julaiha membuka kedua matannya. Julaiha sangat terkejut ketika dia melihat Si Singa itu sudah jatuh terkapar, lalu berlari ketakutan menjauhinya. Ternyata, nasih julaiha sedang beruntung. Dia ditolong oleh sesorang pemuda yang tinggi dan Kekar, Pemuda itu kini tepat didepannya.
Julaiha mulai membuka jemari tangan yang menutupi wajah cantiknya. Pada saat Julaiha benar-benar membuka kedua tangan yang menutupi wajahnya, Samson sang pemuda yang gagah berani itu malah kaget. Mata samson ternuka lebar dan mulutnya menganga, gemetar kemudian jatuh pingsan karena takjub melihat kecantikan Julaiha. 

3. Dari kisah tersebut, dapat disimpulan bahwa Julaiha kalah dengan Singa, Singa kalah dengan samsin dan Samson kalah dengan Julaiha

4. Selanjutnya, buat kesepakatan gerakan yang mengekspresikan Singa,Samson dan Jualiha
5. Contoh gerakan yang mengekspresikan seekor singa adalah deng gerakan mencakar, gerakan yang mengekkspresikan samson yaitu dengan memamerkan oto binaraga, gerakan yang mengekspresikan Julaiha adalah gadis yang cantik yang tersenyum manis. 

6. Siswa terlebih dahulu dilatih untuk mengekspresikan gerakan-gerakan tersebut
7. Pemainan dimulai dan kedua kelompok membentuk barisan yang saling membelakangi. Guru akan menghitung sampai 3. Dalam hitungan ketiga, grup harus langsung membalikkan badannya berhadap-hadapan denga kelompok lain sambil memperagakan samson, Julaiha dan Singa. Permainan ini sama dengan permainan suit batu kertas, guntung.

8. Selain mengandalkan keberuntungan, karea sma halnya SUIT. permainan ini juga membutuhkan kekompakan grup. Sebab, bisa jadi ketika hitungan ketiga, beberapa anggota dari satu grup memperagakan gerakann berbeda, ada samson, julaiha bahkan singa. Jika hal ini terjadi, berarti grup tersebut dianggap kalah dan tidak mendapatkan poin.

9. Setelah seluruh poin dijumlahkan, anggota yang kalah mendapat hukuman berupa mengerjakan soal.


Tips :
Cara mudah supaya terus kompak adalah harus ada ketua grup. Jika tidak ada ketua grup maka dapat dipastikan setiap anggota grup ingin melakukan gerakan yang dia inginkan.

10. Ketua grup harus menentukan dengan cepat gerakan apa yang akan digunakan
11. Guru tidak perlu memberi intruksi bawha setiap grup harus membentuk ketua grup. Ini akan membuat siswa berfikir mengapa mereka tidak kompak. Biarkan mereka sendiri yang menentukan butuh ketua grup atau tidak.

12. Setelah permainan ini selseai guru bisa menceritakan filosofi pentingnya kekompakan grup dalam sebuah organisasi.

Semoga bermanfaat, jangan lupa share




















Share This :
Mas Abdi

Seorang oemar bakrie yang akan terus berkarya memajukan pendidikan anak bangsa