MASIGNCLEAN101

Ice Breaking Bergoyang "Musik Heboh"


Musik Heboh adalah contoh permainan ice breaking games dalam kelas ataupun di luar kelas. Ice breaking ini untuk melatih kecepatan dan konsentrasi.  Berjenis ice breaking lagu dan gerak. Tidak hanya cocok untuk anak-anak saja namun juga orang dewasa atau juga ibu-ibu. Game ini membutuhkan properti sederhana yaitu cuma sejumlah kursi untuk diperebutkan nantinya. Tidak hanya kursi DPR aja ya buat rebutan ternyata bung. he he he

Jumlah siswa yang dibutuhkan : 2 Siswa atau lebih.

Adapun Langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Pastikan Bapak / Ibu bahwa jumlah siswa lebih banyak daripada jumlah kursi yaitu selisih satu.
  2. Kursi siswa diatur membentuk lingkaran
  3. Siswa berdiri dibelakang kursi dan juga membentuk lingkaran
  4. Saat musik dihidupkan, siswa berjalan mengelilingi kursi
  5. Dan saat tiba-tiba guru menghentikan musik, siswa harus berebut duduk diatas kursi dengan cepat.
  6. Saat itu suasana kelas akan sangat ramai, karena jumlah kursi lebih sedikit daripada jumlah siswa, alhasil pasti ada siswa yang tidak kebagian tempat duduk atau kursi.
  7. Siswa yang tidak mendapatkan kursi akan kena hukuman yaitu mengerjakan soal sesuai dengan mata pelajarannya.
Kelebihan permainan ini yaitu Siswa akan kembali bersemangat dan dijamin tidak ngantuk lagi, namun disisi lain ada kekurangannya yaitu kelas akan menjadi ramai, dan harus repot-repot mengatur tempat duduk sedemikian rupa. 

Biasanya permainan ice breaking jenis ini dilakukan saat outbond atau diluar ruangan sehingga lebih leluasa.  Kemudian Bapak/Ibu Guru harus menyiapkan musik untuk iringan yang akan distop sesuai keinginan. 

Atau Bapak/Ibu Guru bisa menyuruh anak-anak untuk bernyanyi dan nantinya secara mendadak Bapak/Ibu Guru bisa bilang “STOP” dan siswa mulai berebut kursi.

Selamat Mencoba,
Terima kasih.

Share This :
Mas Abdi

Seorang oemar bakrie yang akan terus berkarya memajukan pendidikan anak bangsa